Wednesday, April 24, 2013

Mourinho Beri Ucapan Selamat Untuk Fergie dan MU



Pelatih Real MadridJose Mourinho turut memberikan ucapan selamat kepada Manchester United dan juga sang manajer SirAlex Ferguson usai mereka mengunci gelar Premier League musim ini.

United mengamankan gelar yang ke-20 usai membekuk Aston Villadengan skor tiga gol tanpa balas. Semua gol tersebut diborong oleh striker andalannya, Robin van Persie.

Mourinho yang dikenal menjalani persahabatan sekaligus rivalitas dengan Fergie, langsung memberikan selamat.

"Yang dilakukan Fergie musim ini sebenarnya sama saja dengan yang dilakukan sepanjang hidupnya: Menang! kadang kemenangan itu tidak datang secara beruntun, namun sepanjang kariernya, ia selalu menang. Saya ingin memberikan ucapan selamat kepadanya. Tetapi saya dan pastinya fans United tak terkejut jika Fergie kembali menjadi juara," urai

Bayern Lumat Barca, Gerard Pique: Sulit Menjelaskannya



Kekalahan Barcelona FC atas Bayern Munich benar-benar tidak disangka, dan Gerard Pique menganggap hal itu akibat penampilan Blaugrana di luar performa terbaiknya.

Dua gol dari Thomas Muller, dan dua lainnya yang dicetak Mario Gomezserta Arjen Robben menghanguskan harapan Barca untuk mencuri kemenangan di Allianz Arena dini hari tadi.

Menurut Pique, timnya tidak bermain seperti biasanya dalam laga semifinalLiga Champions tersebut. Pihaknya juga mengakui bahwa Bayern Munich bermain lebih kuat dari timnya.

"Kami telah kalah, sederhananya seperti itu. Kami tidak dapat menjelaskannya, mereka lebih cepat dan lebih kuat," sesal Pigue seperti dilansir Football Espana.

"Kami akan bangkit minggu depan dan mencoba memberikan yang terbaik bagi fans kami," tandasnya

Mou Ingin Madrid Juarai Liga Champions Musim Ini



Jose Mourinho menyebut harapannya agar sepak bola bersikap adil pada Real Madrid. Maksudnya, Mou ingin Madrid berhasil menjadi juara Liga Champions setelah beberapa kali sebelumnya gagal menjelang akhir.

Madrid akan bertemu kembali dengan Borussia Dortmund di partai semifinal musim ini. Ini merupakan semifinal Liga Champions bagi madrid yang ketiga kali secara beruntun. Untuk itu Mou berharap keadilan dengan menjuarai turnamen tersebut musim ini.

"Saat ini Madrid berada di ranking ketiga. Namun kami sudah berkembang banyak, termasuk dalam sisi ekonomi. Finis kedua atau menjadi semifinalis saja tak akan cukup bagi Madrid, kami harus berusaha sekuat tenaga untuk mencapai final dan menjadi juara," jelas Mou dalam konferensi pers.

"Semoga sepakbola bersikap adil kepada Madrid. Hanya ada tiga atau empat pemain di Madrid saat ini yang pernah menjadi juara Liga Champions. Kami tersingkir di semifinal dua musim belakangan. Saya berharap keadilan bagi pemain saya yang sudah berusaha keras dalam beberapa tahun terakhir," tutupnya.

Naskah UN SMP di Marore Masih di Laut



Pelaksanaan ujian nasional SMP di wilayah perbatasan Kecamatan Marore, Kabupaten Sangihe, Sumatera Utara, masih simpang siur. Dilaporkan, naskah ujian nasional untuk Marore pada Rabu (24/4/2013) pagi  masih dalam perjalanan laut. Sebanyak 17 siswa di Marore terdaftar mengikuti ujian nasional.

Camat Marore, Anto Patras, dihubungi Rabu pagi mengatakan naskah ujian untuk Marore baru dikirim Selasa malam menggunakan kapal perintis KM. Kumala Sari dari Pelabuhan Tahuna, ibu kota Kabupaten Sangihe.

Posisi Marore berada sejajar dengan Miangas, yang berbatasan langsung dengan wilayah Filipina selatan. Jika Miangas berbatasan dengan General Santos, Davao, maka Marore dengan wilayah Sarangani.

Menurut Anto, pengiriman naskah itu dikawal oleh kepala sekolah SMP Marore, B Sumolang, dan sejumlah petugas kepolisian dari Pos Perbatasan Marore. Diharapkan naskah tiba Rabu siang, sehingga pelaksanaan ujian nasional (UN) sudah dapat digelar.

Ia menyatakan tidak dapat memaksakan UN hari ini. "Kami sudah berbicara dengan kepala sekolah, ujian nasional dilaksanakan Kamis saja. Kepala sekolah juga masih capek, waktu luang dipakai memulihkan semangat anak-anak peserta ujian nasional," katanya.

Keputusan melaksanakan UN Kamis tidak lagi berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Nasional kabupaten dan provinsi. Dikatakan, selama ini komunikasi dengan dua institusi tak terjalin baik.
"Kami tak pernah mendapat arahan dari provinsi dan kabupaten, semua berjalan sendiri-sendiri," katanya

Siswa SMPN Potowayburu Belum UN


Sebanyak 13 siswa SMP Negeri Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh, Provinsi Papua, hingga hari ketiga pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP, Rabu (24/4/2013), belum mengikuti ujian karena kesulitan transportasi.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar Mimika, Fitria Fivie Palenewen, di Timika, Rabu, mengakui, pelaksanaan UN di SMP Negeri Potowayburu diundur lantaran kesulitan transportasi untuk pendistribusian naskah ujian dan petugas pengawas dari Timika.

"Memang betul, sampai hari ini SMP Negeri Potowayburu belum melaksanakan UN. Kami sudah buatkan laporan ke provinsi bahwa pelaksanaan UN di sekolah itu diundur sampai naskah ujian dan petugas pengawas tiba di Potowayburu," jelas Fitria.

Ia mengatakan, Dispendikdas Mimika sejak awal sudah mengantisipasi adanya kendala dalam pendistribusian naskah ujian ke sekolah-sekolah penyelenggara UN SMP di wilayah pedalaman. Distribusi naskah ujian ke sekolah-sekolah pedalaman dilakukan sejak hari Jumat (19/4/2013), dengan menggunakan transportasi sungai berupa perahu motor.

Namun berdasarkan laporan Potowayburu, kondisi cuaca di laut tidak bersahabat sehingga sejumlah perahu motor tidak berani berlayar ke wilayah itu.

Setelah pengiriman naskah ujian tidak bisa dilakukan melalui jalur laut, petugas pengawas menunggu jadwal penerbangan pesawat perintis Trigana Air dari Timika ke Potowayburu pada Selasa (23/4/2013). Meski sudah menunggu dari pagi hingga siang, pesawat tersebut belum juga berangkat karena ada kerusakan teknis.

"Petugas kami menunggu di Bandara Timika dari pagi sampai pukul 14.00 WIT karena pesawat mengalami kerusakan teknis. Akhirnya petugas kami pulang ke kantor," tutur Fitria.

Solusi selanjutnya, demikian Fitria, petugas pengawas yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Dispendikdas Mimika, Yonas Lewerissa, diperintahkan berangkat ke Potowayburu untuk membawa naskah ujian pada Rabu dini hari menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Paumako Timika.

"Tadi subuh mereka sudah berangkat ke Potowayburu bersama Sekretaris Dispendikdas Mimika. Kami berharap perjalanan mereka tidak ada hambatan, sehingga siswa SMP Negeri Potowayburu bisa mengikuti UN, meskipun terlambat," kat Fitria.

Pelaksanaan UN tingkat SMP di sekolah-sekolah lainnya di Mimika sejauh ini berlangsung lancar, tanpa ada hambatan berarti.

UN tingkat SMP di Mimika diikuti sebanyak 2.358 peserta dari 33 SMP dan terbagi atas 28 sub rayon

Dortmund Vs Madrid: Pemantik Goetze


Persiapan Borussia Dortmund jelang pertandingan semifinal pertama Liga Champions kontra Real Madrid, Rabu atau Kamis (25/4/2013), mungkin terkendala transfer Mario Goetze. Konsentrasi Die Borussen bisa saja terganggu pada laga yang akan berlangsung di Signal Iduna Park itu.

Goetze memutuskan menerima pinangan rival mereka, Bayern Muenchen, setelah datang dengan tawaran mahar sebesar 37 juta euro (setara Rp 455 miliar) seperti yang tertera dalam klausul pelepasan minumum Goetze. Sebuah momen tak tepat karena diumumkan sehari sebelum partai kontra Los Blancos digelar.

Tak ingin larut dalam kesedihan sang pemain menyeberang ke Bayern, Pelatih Juergen Klopp meminta pasukannya untuk fokus pada laga penting yang akan disiarkan SCTV pada Kamis (25/4/2013) pada pukul 01.30 WIB.

"Kami memiliki pertandingan yang hebat malam besok. Tinggalkan semua emosi negatif di rumah, datang ke stadion, dan mari kalahkan Real Madrid!" ujar Klopp demi memantik semangat pasukannya. "Borussia Dortmund adalah segalanya. Kami memiliki kesempatan untuk menunjukkannya."

Los Merengues datang ke markas Dortmund dengan catatan yang tak bagus. Pada fase grup Liga Champions musim ini, Madrid menyerah 1-2 saat bertandang ke Signal Iduna Park.

Catatan buruk tersebut dianggap sebagai masa lalu. Kini, Madrid datang kembali dengan semangat tinggi membawa pulang kemenangan di depan dukungan penuh penggemar tuan rumah.

"Kami ke Jerman untuk menang. Jadi, kami akan kembali ke Bernabeu dengan jaminan untuk mencoba dan meraih partai final,"  tegas gelandang Madrid, Jose Callejon.

Sang tamu masih akan bertumpu pada ketajaman Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu telah mencetak 50 gol sepanjang musim ini di berbagai ajang.

Meski demikian, kubu Dortmund seperti tak takut dengan Ronaldo. Hal ini disampaikan pemain Madrid yang kini sedang dipinjamkan ke Die Borussen, Nuri Sahin.

"Hanya ada beberapa pemain yang bisa menghentikan Cristiano Ronaldo. Terima kasih Lukasz Piszczek adalah salah satu pemain tersebut,"  ujar Sahin. "Tapi, Piszczek takkan sendirian menghentikan Ronaldo. Kami akan bekerja secara tim."

Dortmund menunjukkan sedang dalam kepercayaan tinggi. Klopp juga sepertinya tak sakit hati kepada Goetze. Bisa jadi, Goetze akan tampil sejak menit pertama. Sebab, laga ini bisa membuktikan rasa cinta terakhir Goetze kepada Dortmund sebelum berganti kostum musim depan.

Prakiraan Susunan Pemain
Dortmund:
 Roman Weidenfeller; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Neven Subotic, Marcel Schmelzer; Sven Bender, Ilkay Guendogan; Marco Reus, Mario Goetze, Kevin Grosskreutz; Robert Lewandowski
Pelatih: Juergen Klopp

Madrid: Diego Lopez/Iker Casillas; Sergio Ramos, Pepe, Raphael Varane, Fabio Coentrao; Sami Khedira, Xabi Alonso; Angel di Maria, Mesut Oezil, Cristiano Ronaldo; Karim Benzema
Pelatih: Jose Mourinho

Kemungkinan Absen
Dortmund: Sebastian Kehl (meragukan)
Madrid: Marcelo (cedera), Alvaro Arbeloa (skors), Michael Essien (meragukan)

Lima Duel Terakhir Kedua Tim
6/11/2012 - Madrid 2-2 Dortmund (Liga Champions)
24/10/2012 - Dortmund 2-1 Madrid (Liga Champions)
19/8/2009 - Dortmund 0-5 Madrid (Persahabatan)
25/2/2003 - Dortmund 1-1 Madrid (Liga Champions)
19/2/2003 - Madrid 2-1 Dortmund (Liga Champions)

David Alaba Waspadai Leg Kedua


David Alaba menilai Bayern Munich belum sepenuhnya dalam posisi aman meski sudah mencatat kemenangan 4-0 atas Barcelona di leg pertama semi-final Liga Champions dinihari tadi.

Leg kedua di Nou Camp pekan depan dinilai Alaba masih memiliki potensi yang menyakitkan buat Bayern.

"Kami tahu akan menjadi laga sulit di Barcelona dan kami harus bisa fokus pada laga itu seperti yang sudah kami tunjukkan hari ini," ujar bek Bayern itu kepada Sky.

Ditambahkannya, Bayern bisa melewati hadangan dan menundukkan Barcelona dengan skor telak karena para pemain bisa menunjukkan kekompakan.

"Yang terpenting di laga ini adalah kerja sama tim. Kami menjadi satu unit di lapangan," tegasnya.

Jordi Roura: Kami Tidak Beruntung Dengan Wasit


Asisten pelatih Barcelona Jordi Roura merasa timnya harus menderita akibat buruknya kepemimpinan wasit di Liga Champions musim ini.

Blaugrana dipecundangi Bayern Munich empat gol tanpa balas di Allianz Arena dini hari tadi, oleh sepasang gol yang dibukukan Thomas Muller dan Arjen Robben serta Mario Gomez.

Namun, Roura kecewa setelah gol Gomez tetap disahkan meski si pemain terlihat dalam posisi offside, sementara klaim pelanggaran terhadap Jordi Alba dalam proses terciptanya gol Robben malah diabaikan.

"Kami memiliki ketidakberuntungan dengan wasit di Liga Champions musim ini," kata pria 45 tahun.

Meski menyesali kepemimpinan ofisial, Roura memberikan acungan jempol atas performa DieRoten.

"Hal pertama yang harus kami lakukan adalah menyelamati Bayern. Mereka sangat kuat, tim hebat."

"Bayern bermain luar biasa, mereka lebih baik. Di babak pertama kami bersaing dengan baik tapi di babak kedua kami kehilangan kekuatan," tutup Roura.

Bastian Schweinsteiger Akui Sempat Kesulitan Hadapi Barcelona


Bastian Schweinsteiger mengungkapkan adanya kesulitan untuk menghadapi Barcelona sebelum akhirnya Bayern menang telak dengan empat gol tanpa balas.

Gelandang Bayern itu menilai Barcelona memiliki gaya bermain yang berbeda dari tim lainnya.

"Kami berusaha terus menekan mereka, terutama di lini tengah dan kami bisa mengatasi mereka dengan cara yang sempurna," ungkap Schweinsteger kepada Sky seusai laga.

"Di awal laga, kami menghadapi kesulitan, karena kami tak bias menghadapi lawan yang memiliki taktik bermain seperti mereka. Tapi kami bisa mengatasi mereka dengan baik dan lebih baik dan saya senang kami bisa mencatat hasil ini," tandasnya.

Bayern hanya butuh hasil imbang di leg kedua pada minggu depan.

Arsitek Bayern Munich mendeskripsikan penampilan timnya semalam sebagai yang terbaik di tahun luar biasa


Bos Bayern Munich Jupp Heykcnes berterima kasih kepada para pemain yang sukses mengeksekusi rencana pertandingan "dengan brilian" pada kemenangan sensasional 4-0 atas Barcelona di leg pertama semi-final Liga Champions.

Dua gol dari Thomas Muller dan Arjen Robben serta Mario Gomez mengamankan kemenangan memorial di Allianz Arena sekaligus menjejakkan satu kaki Bayern di partai final. Heynckes pun terkesan dengan usaha para pemainnya di lapangan.

"Kami memainkan sepakbola luar biasa sepanjang tahun. Keinginan untuk sukses sangat besar setelah dua tahun terakhir," kata Heynckes.

"Tim saya membuat taktik kami bekerja secara brilian. Kami berlari dan berjuang dan itu kekuatan serta kelas kami."

Setelah menyegel titel Bundesliga dan mengamankan tempat di final DFB Pokal, Heynckes berpeluang mengukir sejarah dengan memberikan treble winners sebelum posisinya digantikan eks pelatih Barca Pep Guardiola musim panas ini.

Thomas Muller mengantar Bayern Munich melibas Barcelona dengan skor empat gol tanpa balas di Allianz Arena.

Bayern Munich dengan perkasa menghabisi Barcelona dalam pertandingan leg pertama semi-final Liga Champions di Allianz Arena.

Tim Bavaria memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 atas tamunya tersebut. Dan bintang kemenangan juara Bundesliga Jerman itu adalah Thomas Muller yang mencetak dua gol plus satu assist.

Pertandingan berjalan dengan tempo tinggi sejak menit pertama, namun satu gol Muller menjadi pembeda dalam 45 menit awal. 

Meski memasuki jeda dengan keunggulan satu gol, Bayern tampak memiliki peluang untuk mencetak gol lebih banyak apabila beberapa kali handball yang dilakukan pemain Barcelona di kotak penalti diganjar penalti oleh wasit.

Di babak kedua, secara mengejutkan tim tuan rumah kembali membobol gawang Barcelona, dan bukan sekali atau dua kali tetapi mereka mencetak tiga gol tambahan!

Gol kedua tercipta berkat assist Muller. Memanfaatkan tendangan  Robben, Muller mengarahkan bola ke arah Gomez, yang langsung menggetarkan jala Barcelona lewat tendangan voli kaki kiri dari jarak sangat dekat.

Los Blaugrana semakin tertinggal jauh setelah Robben melesakkan gol ketiga Bayern pada menit ke-73. Menerima sodoran Bastian Schweinsteiger, sayap Belanda itu menusuk ke kotak penalti sebelum melepaskan tembakan mendatar dari sudut sempit.

Kontroversi menghiasi proses gol ini lantaran Muller terlihat sengaja memblok Jordi Alba yang bermaksud mencegat Robben, namun wasit Kassai tetap mengesahkannya.


Muller menggenapkan performa gemilangnya dengan satu gol tambahan di menit ke-82.Kerja sama apik Ribery dan David Alaba di sayap kiri diakhiri nama terakhir dengan umpan silang rendah untuk disontek dengan mudah oleh Muller.

Performa gemilang Muller di laga tersebut tidak pelak disambut dengan standing ovation dari suporter tim tuan rumah yang memenuhi Allianz Arena saat dia digantikan oleh David Pizarro, satu menit usai mencetak gol kedua.

Franck Ribery: Kami Yakin Mampu Atasi Barcelona


Bintang Bayern Munich Franck Ribery mengatakan timnya tahu mereka memiliki striker yang bisa membuat masalah di kubu Barcelona, setelah kemenangan masif 4-0 atas pemegang empat gelar Liga Champions.

Sepasang gol dari Thomas Muller serta Arjen Robben dan Mario Gomez berhasil mengancurkan Blaugrana, yang menelan kekalahan tandang terbesar di Eropa.

"Untuk mendapat hasil seperti itu kami tahu harus banyak berlari sebagai tim," kata Ribery kepada Canal+ usai pertandingan.

"Selain itu, kami tahu memiliki striker yang bisa mencetak gol. Kami sangat senang."

"Ada pertandingan lain yang harus dimainkan, tapi saya pikir kami tampil sangat baik malam ini," pungkas mantan Olympique Marseille.

Die Roten akan menyambangi Camp Nou untuk melakoni leg kedua, 1 Mei mendatang.

Barcelona diklaim harus mengakui keunggulan Bayern Munich di Allianz Arena.


Chairman Bayern Munich Karl Heinz Rummenigge sangat gembira dengan kemenangan 4-0 timnya atas Barcelona di leg pertama semi-final Liga Champions dinihari tadi.

Kemenangan itu memudahkan langkah Bayern ke final di Wembley untuk menghadapi pemenang antara Borussia Dortmund dan Real Madrid.

Rummenigge mengklaim kemenangan dengan skor besar bak sebuah mimpi.

"Kami menang 4-0 melawan tim terbaik di dunia. Itu seperti sebuah mimpi malam ini," ungkap Rummenigge kepada Sky.

Chairman Bayern itu juga menambahkan timnya sudah menggunakan strategi yang tepat untuk bisa mematikan permainan Barcelona di Allianz Arena.

"Kami bermain bagus, kami tak memberikan mereka peluang. Saya tak merasa Barcelona bisa memainkan permainan mereka di mana hanya tercipta sedikit peluang," tandasnya.

Rummenigge juga menyoroti peran Lionel Messi yang tak maksimal di laga tersebut.

"Thomas Muller menjalani laga yang fantastis, tapi saya masih merasa Messi yang nomor satu. Dia tak sepenuhnya fit saya kira," ujarnya.

Xavi Kecewa Dengan Hasil Terburuk Barcelona


Xavi menyebut pembantaian 4-0 di tangan Bayern Munich pada semi-final Liga Champions merupakan hasil terburuk bagi Barcelona.

Kekalahan di Allianz Arena merupakan yang terbesar dalam sejarah empat besar kompetisi antarklub Eropa dan jenderal lapangan tengah menegaskan, The Catalans tak bisa melakukan mengeluhkan skor akhir di Jerman.

"Ini hasil terburuk. Mereka lebih baik - saya tak ragu mengatakan itu," kata Xavi pascalaga.
Pemain internasional Jerman juga menyebut pemuncak klasemen La Liga tak punya banyak peluang 

membalikkan keadaan di leg berikutnya di Camp Nou.
"Ini hampir mustahil. Tapi kami harus mencoba demi klub dan semua orang," tutup pemain 33 tahun.

Javi Martinez: Hadapi Barcelona, Bayern Munich Sangat Nyaman


Javi Martinez menilai Bayern Munich merasa sangat nyaman bermain melawan Barcelona, dini hari tadi.
Kampiun Bundesliga Jerman menghancurkan tamunya di Allianz Arena empat gol tanpa balas dalam laga leg pertama semi-final Liga Champions. Gelandang internasional Spanyol mengklaim timnya pantas mendapat kemenangan tersebut.

"Kami memanfaatkan bola-bola mati dan merasa nyaman meski harus banyak berlari, karena Barcelona membuat Anda melakukan itu," tutur Martinez kepada Uefa.com.

"Mereka memiliki sangat sedikit peluang. Kami mengontrol lini tengah dan menghindari mereka dari perpindahan bola."

"Kami banyak memainkan laga bagus musim ini, saya tak yakin jika ini yang terbaik. Kami tahu bagaimana main melawan Barcelona," tandasnya

Gerard Pique: Bayern Munich Lebih Kuat & Cepat


Gerard Pique mengaku Barcelona benar-benar kalah dari Bayern Munich di Allianz Arena, Rabu (24/4) dini hari WIB.

Dua gol dari Thomas Muller serta masing-masing sebiji dari Mario Gomez dan Arjen Robben meluluhlantakan skuat Tito Vilanova di leg pertama semi-final Liga Champions.

Melihat penampilan anak asuh Jupp Heynckes, bek internasional Spanyol mengakuiBlaugrana hanya tim terbaik kedua di pertandingan tersebut.

"Kami telah dikalahkan, sesederhana itu," kata Pique usai pertandingan, dikutip Football Espana.

"Kami tak bisa menjelaskan. Mereka lebih cepat dan kuat."


"Kami akan menunjukkan kapasitas pekan depan dan mencoba melakukan yang terbaik untuk fans," tandasnya.

Philipp Lahm: Pertahanan Sempurna Kunci Kemenangan Bayern Munich

Bayern Munich menunjukkan keperkasaan kala meladeni Barcelona pada semi-final pertama Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (24/4) dinihari WIB tadi.

Raksasa Spanyol yang begitu disegani di kawasan Eropa dalam beberapa terakhir itu dipaksa bertekuk lutut empat gol tanpa balas!

Menurut kapten Philipp Lahm, hasil mencengangkan yang membuat The Bavarians berada dalam posisi sangat bagus untuk mencapai final ini dipetik berkat taktik bola-bola atas dan pertahanan yang nyaris sempurna.

"Tentu saya dapat mencerna apa yang terjadi. Kami memiliki potensi untuk mengalahkan tim mana pun," tutur sang full-back usai laga di situs resmi UEFA.

"Merupakan fakta yang sudah banyak diketahui bahwa Barcelona punya masalah dengan bola-bola udara. Performa defensif kami mendekati sempurna dan itulah kunci sukses kami hari ini."

Arjen Robben Bangga Bantai Barcelona

Performa brilian Bayern Munich di Allianz Arena, Rabu (24/4) dinihari WIB, membuahkan kemenangan masif 4-0 atas Barcelona pada partai pertama fase empat besar Liga Champions.

Hasil gemilang ini diakui Arjen Robben layak dibanggakan The Bavarians mengingat status sang lawan sebagai tim yang begitu dominan di pentas Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

"Ini luar biasa. Saya sulit mempercayainya. Barcelona telah mendominasi Eropa selama lima tahun terakhir. Kami bisa benar-benar bangga atas apa yang kami capai malam ini, tapi kami masih harus memainkan leg kedua dan harus berhati-hati," kata winger Belanda yang menyumbang satu gol ke gawang Victor Valdes ini kepada laman resmi UEFA.

"Sejak awal, saya merasa kami dapat memetik hasil bagus. Kami bermain sebagai tim sepanjang 90 menit."

Terdapat kontroversi dalam proses gol kedua Die Roten oleh Mario Gomez dan yang ketiga via kaki Robben sendiri.

Gomez terlihat sedikit off-side saat menyambut umpan sundulan Thomas Muller, sementara untuk gol Robben, Muller tampak sengaja menghalangi Jordi Alba. Robben ogah membahas insiden tersebut.

"Saya tak tahu, saya tak ingin membicarakan soal itu, saya ingin membicarakan tentang cara kami bermain malam ini. Saya pikir itu yang harus diutamakan," tuturnya kepada ITV.

"Kami berjuang untuk setiap jengkal lapangan dan mereka hanya mempunyai satu kans dan pada akhirnya kami benar-benar pantas mendapatkan kemenangan ini."

Meski tidak dalam kondisi fit 100 persen, Messi menegaskan tim tidak mengambil risiko dengan memainkannya sejak menit awal pertandingan


Penyerang Barcelona Lionel Messi mengaku tidak merasa 100 persen nyaman saat timnya dipermalukan Bayern Munich 4-0, namun menegaskan dia fit untuk diturunkan sebagai starter di Allianz Arena.
Si Kutu tidak tampil untuk Blaugrana sejak dipaksakan turun sebagai pengganti - meski masih dalam proses pemulihan cedera hamstring - saat melawan Paris Saint-Germain untuk menggiring timnya ke empat besar.

Messi akhirnya diturunkan sebagai starter menghapi Bayern dan beberapa kali terlihat kesulitan di babak kedua, namun dia menepis klaim dirinya mengambil risiko besar dengan dimainkan sejak awal pertandingan.

"Ini sudah beberapa hari sejak saya main dan saya tidak merasa nyaman 100 persen tapi tidak cedera, jadi bisa dimainkan," kata pemain 25 tahun usai pertandingan.

Kekalahan Barcelona merupakan yang terbesar di kompetisi Eropa dan Messi menilai tim Tito Vilanova tidak lagi diunggulkan di leg kedua di Camp Nou pekan depan.

"Ini 4-0 dan akan sulit karena mereka tim hebat. Tapi, kami akan mencoba mencetak gol di kandang dan melakukan yang terbaik."

"Kami harus melangkah. Sekarang kami harus memenangkan La Liga secepatnya," La Pulgamengakhiri.

Lionel Messi : Bayern Munchen Lebih Kuat Dari Sebelumnya


Lionel Messi memperingatkan rekan-rekannya bahwa mereka harus berada di level tertinggi apabila mereka ingin meraih kemenangan atas Bayern Munchen di babak perempat final Liga Champion ini.
Pemain asal Argentina ini merasa Bayern pada musim ini telah tampil luar biasa dan dirinya juga yakin bahwa mereka lebih baik dibanding musim lalu, ketika mereka dikalahkan Chelsea di final Liga Champion.
“Semua tim di semi-final akan menjadi lawan yang sulit, tetapi Bayern tahun ini benar benar kuat. Mereka selalu bermain di level tertinggi dan mencetak banyak gol,” kata Messi kepadaThe Times of India.
“Setelah apa yang terjadi pada akhir 2012, mereka kalah ke final oleh Chelsea, saya pikir mereka memiliki keinginan yang lebih pada saat ini. Dan Bayern tahun ini lebih kuat dibanding tahun sebelumnya menurut saya.”
Striker Argentina ini juga mengatakan tentang kemungkinan bertemu Real Madrid di final dan dirinya mengakui bahwa el Clasico di final akan menjadi suatu yang spesial.
“Saat ini, kami tidak ingin berbicara tentang final, kami hanya ingin membahas Bayern,” kata dirinya.
“Dan jika kami berhasil ke final kami tidak peduli siapa lawan kami selama kami berada di final. Tetapi apabila di final kami menghadapi Real Madrid, maka itu akan menjadi pertandingan yang luar biasa pastinya.”

Thursday, April 18, 2013

Buram, Peserta UN Kesulitan Kerjakan Naskah Fotokopi

Sebanyak 251 peserta ujian nasional di Bulukumba kesulitan mengerjakan naskah soal IPA, khususnya Biologi dan Kimia, karena soal ujiannya digandakan dengan difotokopi, Kamis (18/4/2013). 

Ratusan peserta ujian dari SMA Negeri 5 Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu mengaku banyak kalimat dari lembar naskah soal yang difotokopi buram atau tidak terlihat dengan jelas. 

Setidaknya, hal itu dirasakan Fatma, seorang peserta ujian. "Banyak kalimatnya yang tidak jelas sehingga menyulitkan bagi saya dan teman-teman lainnya untuk mengerjakannya," kata Fatma. 

Buramnya naskah soal yang difotokopi juga dibenarkan oleh panitia UN. Bahkan, baik panitia maupun dinas pendidikan, tidak dapat berbuat banyak karena kekurangan naskah soal yang dikirim oleh pusat, kata Baba, Sekretaris Panitia UN. 

Penggandaan naskah soal ujian khusus bidang studi Biologi dan Kimia itu terpaksa dilakukan karena hingga kemarin malam naskah soal belum juga datang. Dengan berbagai pertimbangan, Dinas Pendidikan Kabupaten mendapat izin dari provinsi untuk digandakan. "Bukan hanya peserta yang cemas, kami pun juga cemas dengan hasil ujian para peserta. Semoga saja hasilnya nanti memuaskan," kata Baba.

Naskah UN Terlambat, Mendikbud Investigasi Tiga Hal


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah membentuk dan melakukan investigasi atas keterlambatan pengiriman naskah Ujian Nasional (UN) di 11 provinsi di Indonesia. Ada tiga hal yang akan ditelusuri lebih lanjut.

"Ada tiga sisi yang akan diinvestigasi, mulai dari sisi proses pengadaan, pelelangan atau tender. Kedua, dari sisi pelaksanaan itu," kata Mendikbud Mohammad Nuh seusai menghadiri acara di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Hal yang ketiga, kata Nuh, adalah investigasi di percetakan. Telatnya naskah yang dicetak disebut sebagai masalah utama keterlambatan siswa menjalankan UN. 

Nuh mengatakan, adanya lembar jawaban yang tidak berkualitas akan menjadi investigasi bagian pelaksanaan. Ia siap memberikan sanksi tegas jika ditemukan pelanggaran yang menyebabkan terlambatnya siswa menjalankan UN.

"Tentu hasil investigasi nanti akan kami pakai untuk menentukan seberapa berat dia melakukan kelalaian dan seterusnya. Di situlah nanti sanksi itu akan mengikuti," katanya.

Nuh menargetkan, tim investigasi akan selesai bekerja dalam waktu seminggu dan hasilnya dapat diketahui seusai dilaksanakannya UN tingkat SMP. "Mudah-mudahan dalam waktu satu minggu, setelah ujian SMP ini selesai, semuanya akan terang," ujarnya.

Akibat keterlambatan pengiriman naskah soal UN tersebut, 11 provinsi di Indonesia tengah harus menunda pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK/MA atau sederajat. Provinsi yang mengalami penundaan UN itu adalah Sulawesi Selatan, Bali, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah. Adapun pelaksanaan UN di 22 provinsi lain tetap berlangsung sesuai jadwal, yakni 15-18 April.
Direktur PT Ghalia Indonesia Printing Hamzah Lukman mengatakan, keterlambatan dalam pengepakan soal ujian ini berawal dari banyaknya jumlah dan variasi soal yang dicetak oleh perusahaan tersebut. 

Selain itu, ia juga mengeluhkan durasi kerja yang mestinya hingga 60 hari menjadi sekitar 25 hari.
Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Kemdikbud, enam percetakan yang terlibat dalam UN ini memang menawarkan harga yang cukup tinggi. PT Ghalia Indonesia Printing bahkan memegang nilai tender tertinggi di antara enam percetakan lain, yaitu sebesar Rp 22,5 miliar dengan oplah cetak 106.575.200 eksemplar untuk 11 provinsi.

Adapun PT Balebat Dedikasi Prima memegang nilai tender terendah, yaitu Rp 12,9 miliar dengan oplah cetak 91.280.560 eksemplar untuk empat provinsi. PT Jasuindo Tiga Perkasa memegang tender senilai Rp 13,7 miliar dengan oplah 102,258.720 untuk lima provinsi.

Ada pula PT Pura Barutama yang memberi nilai tender Rp 14,5 miliar dengan oplah 96.889.120 eksemplar untuk empat provinsi. PT Temprina Media Grafika sebesar Rp 14,7 miliar dengan oplah Rp 90.077.760 eksemplar untuk enam provinsi. Adapun PT Karsa Wira Utama memegang tender sebesar Rp 16,4 miliar dengan oplah 103.943.600 eksemplar untuk tiga provinsi.

Soal UN Kurang, Terpaksa Pinjam dari Sekolah Lain



Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA/SMK di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, pada Kamis (18/4/2013), diwarnai dengan kekurangan naskah UN. Empat sekolah yang tidak kebagian soal ujian terpaksa meminjam dari sekolah lain. 

Keempat sekolah yang tidak mendapatkan naskah soal ujian adalah SMAN 1, SMA Frater, SMAN 6, dan MAN Palopo.

Keempat sekolah ini berinisiatif meminjam naskah soal UN agar siswa yang sudah siap mengikuti UN tidak kecewa dan telantar. Peminjaman naskah ujian dari sekolah lain berdasarkan kesepakatan pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan Palopo. 

Karena soal dipinjam dari sokolah lain, terpaksa siswa di empat sekolah tersebut harus menunggu hingga siswa di sekolah lain selesai menggunakan soal ujian.
Siswa SMAN 1 meminjam soal UN dari SMAN 3; SMA Frater meminjam dari SMA Kristen; SMAN 6 dari SMA 5; dan siswa MAN menggunakan soal bekas SMAN 2 Palopo.

"Langkah ini terpaksa dilakukan agar para siswa tetap mengikuti ujian serentak," ungkap Muhammad Jaya, Kepala SMAN 1.

Sementara itu, siswa yang sekolahnya harus menunggu naskah soal ujian dari sekolah lain merasa kecewa karena mereka harus menunggu lama.

"Harusnya pemerintah lebih memperhatikan pendidikan. Masa sih soal ujian harus pinjam dari sekolah lain," keluh Ade, salah seorang siswa SMAN 1.