Saturday, May 12, 2012

Tips Lindungi Diri Di Media Sosial






Levionsa - Bergaul di situs media sosial memang menyenangkan. Tanpa perlu kemana-mana Anda bisa bertemu teman-teman dan kenalan baru. Saking senangnya, seringkali Anda lupa memproteksi diri dari kemungkinan ancaman pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sebenarnya media sosial seperti Twitter dan Facebook sudah menyediakan fitur pelindung privasi, hanya user sering melupakannya. Ini ada enam tips aman bergaul di media sosial.

1. Manfaatkan fitur pelindung privasi

Sebal karena diganggu oleh orang tidak jelas di Facebook atau Twitter? Aktifkan fitur pelindung privasi, seperti memblok orang-orang yang mengganggu atau batasi cukup teman-teman tertentu saja yang dapat mengakses informasi tentang dirimu. Ini cara paling efektif ketimbang harus mengeluh atau justru memancing masalah dengan pihak lain.

2. Jangan umumkan rencana perjalanan Anda

Berbagi foto liburan atau jalan-jalan di media sosial memang asyik. Tapi jangan umumkan di media sosial kemana Anda akan bepergian, berapa lama, bersama siapa, dan sebagainya. Bisa saja ada pihak yang menguntit Anda dan melakukan hal-hal jahat.

3. Jangan terima friend request yang mencurigakan

Lihat dulu profil orang yang ingin menjadi teman Anda di media sosial. Jangan asal terima saja, apalagi memberi dia akses ke informasi tentang diri Anda. Jika ada perasaan tidak sreg atau profilnya sudah mencurigakan, jangan terima ya. Akan menyesal jika ternyata dia hanya akan mengirim spam atau hoax ke Anda.

4. Jangan berbagi terlalu banyak info pribadi

Anda memang senang mendapat ucapan met ultah, met wisuda, dan banyak lagi. Asal Anda tahu kapan informasi penting yang layak dibagikan ke media sosial atau tidak. Info seperti alamat rumah, nomor telepon rumah dan ponsel sebaiknya jangan diumbar ke umum, sebab dapat dimanfaatkan para cybercrime.

5. Jangan asal klik link

Ada banyak malware atau virus berkeliaran di internet. Kebanyakan menelusup dalam link yang di-share ke orang-orang di media sosial. Maka jika menerima ajakan untuk mengklik suatu link, jangan asal klik ya. Tanya dulu ke pengirimnya apa isi link itu dan apa maksudnya.

6. Jangan mudah percaya orang

Banyak predator di dunia maya yang memanfaatkan anak-anak remaja atau user yang masih polos. Biasanya mereka menyamar jadi orang lain yang seolah-olah baik, senang mendengarkan curhat, ingin membantu, dan sebagainya. Maka jangan mudah percaya dengan kenalan baru di media sosial. Apalagi jika tidak satupun teman Anda yang tahu siapa dia. Tetap jaga jarak dan jangan berikan info pribadimu ke orang seperti mereka.
thumbnail
Judul: Tips Lindungi Diri Di Media Sosial
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

1 komentar:

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Sopan, Komentar Spam Tidak Akan Kami Tanggapi. Terima Kasih

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz