Thursday, July 11, 2013

Tips Dan Trik Komputer: Cara Copy Paste Via Command Prompt

Beberapa waktu lalu saya sempat memikirkan bagaimana caranya melakukan copy-paste di command prompt ketika saya berusaha membuat wireless network menggunakan modem smartfren. Setelah mencoba membaca dan membaca yang saya cari, akhirnya saya mendapatkan cara bagaimana melakukan hal tersebut. Copy-paste dari command prompt tidaklah sama seperti yang kita lakukan di office, kombinasi tombol Control+C dan Control+V sama sekali tidak dapat dijalankan. Jika untuk sekedar mem-paste-kan tulisan dari media lain ke command prompt cukup dengan klik kanan di command prompt dan disana pasti akan terlihat pilihan paste.
Copy-paste dari command prompt mungkin berguna pada saat kita sedang mengerjakan tugas-tugas kuliah dan membutuhkan data yang kita peroleh dari command prompt, tentunya dengan tidak menuliskan ulang di media lain bukan?
Ketika saya mencoba menggunakan pula teknik untuk copy-paste seperti di terminal Ubuntu dan Putty, tidak pula bekerja perintah tersebut. Beginilah cara copy-paste dari command prompt, saya sarankan langsung saja praktekan karena ini sangat mudah :
  • Buka command prompt dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R, kemudian ketikkan 'cmd'.
  • Kemudian akan muncul aplikasi command prompt, untuk dapat copy-paste tentunya harus ada objek yang di copy (agak banyak), misal kita ketikkan "ipconfig" untuk mengetahui IP pada laptop/komputer. Maka akan muncul beberapa informasi tentang IP address laptop/komputer yang sedang dipakai.
  • Kemudian lakukan klik kanan pada command prompt dan pilih 'mark'.
Klik kanan pilih Mark
Klik kanan pilih Mark
  • Lakukan seleksi terhadap area yang akan di copy. Cara memblock area yang akan dicopy adalah dengan menekan tombol shift dan arrow (kanan, kiri, atas, bawah, sesuai kehendak anda), atau dengan pointer pun bisa dilakukan.
Lakukan Block Area Yang akan Dicopy
Block Area Yang akan Dicopy
  • Setelah selesai block areanya, "klik kanan" untuk copy objek dalam area tersebut, atau anda juga dapat melakukannya dengan cara menekan tombol "Enter" sebagai pengganti klik kanan.
  • Paste tulisan di notepad, Control+V atau klik kanan dan pilih paste.
Paste-kan di Notepad
Paste di Notepad
  • Berhasil. Objek yang berada di area yang telah di block di command prompt tadi telah dapat di paste-kan di notepad atau dapat juga media yang lainnya (word, dll).
Sesederhana itu untuk dapat melakukan copy-paste dari command prompt, tetapi terkadang kita bingung untuk melakukan hal kecil seperti ini dan harus bersusah payah untuk melakukannya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.komputerkamu.com/2012/08/cara-copy-paste-dari-command-prompt.html
thumbnail
Judul: Tips Dan Trik Komputer: Cara Copy Paste Via Command Prompt
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Komputer :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Sopan, Komentar Spam Tidak Akan Kami Tanggapi. Terima Kasih

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz