Tuesday, April 3, 2012

Komputer Bisa Mendeteksi Kebohongan

Ketika saya iseng-iseng berkunjung ke sebuah situs berita nusantara Vivanews saya menemukan sebuah artikel yang berisi tentang komputer pendeteksi kebohongan.
Mereka mengatakan bahwa seperti dalam film A Space Odissey tahun 2001 menceritakan tentang sebuah komputer yang bisa tahu akan kebohongan manusia dan itu mungkin akan terjadi dalam dunia nyata atau kehidupan manusia sesungguhnya.
Seorang Ilmuwan Universitas Buffalo dapat membuat sebuah program komputer untuk mendeteksi kebohongan manusia. Mereka membuat sebuah software yang memungkinkan sebuah komputer untuk mengikuti gerak mata manusia dan mengukur gerak mata tersebut apakah mengatakan yang sebenarnya atau bohong.
Seperti dilansir dalam situs gizmag,program komputer tersebut mampu dengan tepat membongkar kebohongan manusia dengan tingkat akurasi 82,5%. Menurut para peneliti seorang interogator yang terlatih hanya mampu menghasilkan rata-rata kesuksesan 65% saja.
Sebelum dilakukan percobaan, komputer mempelajari gerakan mata pengguna untuk kemudian bertahap pada pertanyaan sederhana. Setelah itu dilakukan percobaan dengan 40 video percakapan yang direkam, dari 132 penggunaan pada studi psikologi asli.
Dari percobaan ini, subjek meminta untuk memilih apakah ia mencuri cek atau tidak. Kemudian mereka ditanya atas apa yang mereka lakukan.
Video yang di tampilkan mewakili warna kulit yang berbeda, posisi kepala, kondisi perncahayaan dan kondisi visual sesekali seperti kacamata.
Sebuah garis dasar diciptakan dengan menganalisis pola gerakan mata ketika pembicara mengatakan yang sebenarnya. Sekarang, ketika ditanya apakah ia mencuri cek atau tidak, komputer akan menarik menganalisis gerakan mata dari "mata kebenaran".
Program ini juga mencatat kedipan dan pergeseran pandangan. Sistem ini diharapkan oleh tim ini dapat bekerjasama dengan interogator manusia.

"Apa yang ingin kami pahami adalah apakah ada perubahan sinyal yang dipancarkan oleh orang-orang ketika mereka berbohong, dan mesin dapat mendeteksi mereka?" kata asisten profesor Ifeoma Nwogu.

"Jawabannya adalah ya, dan ya," katanya

sumber vivanews

thumbnail
Judul: Komputer Bisa Mendeteksi Kebohongan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berita :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Sopan, Komentar Spam Tidak Akan Kami Tanggapi. Terima Kasih

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz