Friday, April 20, 2012

Tenun Tradisional Indonesia


Berita Teman.Adalah tenun, sebuah warisan budaya yang merupakan kebanggaan Indonesia, oleh sebab itu tenun harus dilestarikan keberadaannya, baik dari segi teknik produksi, desain dan produk yang dihasilkan; dan harus dimasyarakatkan kembali penggunaannya.

Tenun Tradisional Indonesia adalah produk seni budaya tak benda yang diproduksi di berbagai wilayah di seluruh nusantara, memiliki ciri yang khas dalam ragam hias, makna, teknik pembuatan, memiliki nilai budaya yang tinggi dan merupakan identitas masyarakat setempat.

Tenun sendiri terbagi menjadi tiga jenis yang tersebar di berbagai kepulauan Indonesia, yaitu tenun ikat, songket dan datar. Tenun ikat banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, sementara Tenun Datar kita mengenal lurik dari Jawa tengah dan Yogyakarta, sementara Songket hadir di Palembang ataupun Padang. Untuk alatnya sendiri, alat tenun tradisional Indonesia adalah Gedogan yang dikerjakan manual oleh sang pengrajin, juga ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) yang mengolah bahan baku kain tenun tradisional Indonesia yaitu benang katun yang terbuat dari kapas, benang rayon hingga sutra. Ragam hias pada kain tenun terbagi menjadi 5 jenis bentuk ragam hias yaitu: Ragam hias yang berbentuk geometris, Manusia, Binatang, simbol hingga yang berbentuk gejala alam.

Muatan nilai dari sehelai kain tenun adalah nilai sosial, yang mana tenun merupakan pelengkap upacara adat yang menentukan status sosial seseorang. Nilai ekonomi, yang mana para pengrajin dapat membantu kebutuhan finansial dari mengerjakan tenun. Dari segi estetika, kreativitas dapat terlihat dari corak dan ragam hias yang indah, sementara untuk nilai budaya, tentu saja tenun digunakan sebagai simbol pada setiap upacara dan kegiatan masyarakat setempat. Dalam nilai pendidikan, teknik menenun merupakan pendidikan turun temurun kepada anak dan cucu para penenun.
thumbnail
Judul: Tenun Tradisional Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berita :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Sopan, Komentar Spam Tidak Akan Kami Tanggapi. Terima Kasih

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz