Saturday, March 24, 2012

Istilah IT Networking

Istilah bidang IT networking yang akan dibahas di sini mengacu pada pemakaian kata-kata atau frase yang sering digunakan ketika membahas isu IT networking. Istilah seperti network, IP address, Wi-Fi, Firewall dan masih banyak lagi. Pemahaman istilah dalam IT networking sangat penting karena ke depannya teknologi informasi terutama bidang pekerjaan IT networking akan mengalami perkembangan dan sebelum itu terjadi kita sudah menguasai istilah IT networking yang telah distandarisasi sehingga tidak akan mengalami kerancuan. Berikut beberapa istilah bidang IT Networking yang harus dikuasai.

Network
Network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet adalah salah satunya.

IP Address
IP Address atau Alamat Internet Protocol adalah sistem identifikasi alamat di network yang diwakilkan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing di pisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan identifikasi alamat lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan, lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Wi-Fi
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Awalnya istilah Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.

FIREWALL
Firewall adalah sistem yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri bertujuan untuk melindungi, baik dengan cara menyaring, membatasi atau bahkan menolak aktifitas suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut bisa berupa workstation, server, router, atau local area network (LAN).

Gateway
Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan sistem yang berbeda.

URL
URL atau Uniform Resorce Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen, video, musik dan gambar di Internet.

Telnet
Telnet adalah protokol yang digunakan untuk menghubungi host yang berada jauh dari sebuah terminal. Koneksi ke host dari sebuah terminal yang menggunakan telnet dilakukan melalui internet. Setelah koneksi dilakukan, maka pengguna pada teminal dapat mengakses dan bekerja pada mesin yang dihubungi dengan Telnet.

Proxy Server
Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.

Protokol
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.

Bandwith
Bandwith adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transfer (proses menerima dan mengirim) data antar-komputer dalam suatu jaringan atau internet.

Access Point
Access Point merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antar wireless client dalam suatu jaringan wireless. Fungsi alat ini mirip dengan HUB/Switch dalam jaringan kabel. Access point juga dapat dihubungkan ke jaringan kabel agar komputer pada jaringan wireless bisa mengakses komputer pada jaringan kabel yang terhubung ke access point.

DNS
DNS atau Domain Name Server adalah server yang bertugas untuk menangani pemetaan alamat IP (Internet Protocol) dan Hostname serta email. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

sumber vivanews
thumbnail
Judul: Istilah IT Networking
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Internet :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak Dan Sopan, Komentar Spam Tidak Akan Kami Tanggapi. Terima Kasih

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz